DPR Minta SBY Tunjuk Menkeu Definitif yang Berani Melawan

22/04/2013 18:48 22/04/2013 18:48

Jakarta - Sinindo : Komisi XI DPR RI mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk segera menetapkan Menteri Keuangan (Menkeu) definitif. Pasalnya jabatan pelaksana tugas (Plt) Menkeu yang kini dipegang Hatta Rajas hanya bersifat sementara.

Ketua Komisi XI DPR, Emir Moeis, menegaskan Indonesia saat ini membutuhkan kepemimpinan Menkeu tetap mengingat beberapa masalah menuntut penyelesaian segera.

"Kalau jabatan Plt kan cuma sementara, sedangkan Indonesia sedang menghadapi masalah yang mesti segera dituntaskan. Jadi perlu Menkeu definitif secepatnya," terang dia setelah menghadiri acara Serah Terima Jabatan (sertijab) di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Sejumlah masalah mendesak yang harus segera diselesaikan diantaranya pengamanan postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari defisit transaksi berjalan dan anggaran. Serta persoalan kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Kalau saya tidak bermasalah jika Pak Hatta jadi Menkeu, jangan Plt karena ini mau terselenggara Pemilu tahun depan, jadi APBN harus serius diamankan. Tinggal Pak Hatta-nya harus menyediakan waktu, tidak ada alasan lagi," ucap Emir.

Pastinya, kata dia, sosok Menkeu harus mampu menjaga fiskal dengan baik. Sosok Menkeu juga memerlukan figur seseorang yang tegas dan berani untuk menjaga postur APBN supaya tetap sehat. "Sosok yang tepat itu seperti Pak Agus, tegas, berani dan melawan DPR demi kesehatan fiskal Indonesia," tandasnya. (Lely/adm)

Add comment


Security code
Refresh

N A S I O N A L

E D I T O R I A L



E K O N O M I